6 Arti Insting di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Insting memiliki 6 arti.

Insting adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda.

Insting memiliki arti dalam bidang ilmu zoologi dan psikologi.

Insting memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda sehingga insting dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan.

arti insting

Insting

Nomina (kata benda)

  1. Kecenderungan pada tingkah laku yang diwarisi dari nenek moyang dan kebiasaan pada binatang jenis tertentu tanpa pengalaman sebelumnya atau tanpa tujuan yang mendasar (seperti pembuatan tempat tinggal yang khas, mendapat dan menyimpan serta mencerna makanannya yang mungkin dapat dimanfaatkan pada musim hujan)
  2. Pola tingkah laku yang bersifat turun-temurun yang dibawa sejak lahir
  3. Naluri
  4. Garizah
  5. Daya dorong utama pada manusia bagi kelangsungan hidupnya (seperti nafsu berahi, rasa takut, dorongan untuk berkompetisi)
  6. Dorongan untuk secara tidak sadar bertindak yang tepat

Kesimpulan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata insting adalah kecenderungan pada tingkah laku yang diwarisi dari nenek moyang dan kebiasaan pada binatang jenis tertentu tanpa pengalaman sebelumnya atau tanpa tujuan yang mendasar (seperti pembuatan tempat tinggal yang khas, mendapat dan menyimpan serta mencerna makanannya yang mungkin dapat dimanfaatkan pada musim hujan). Arti lainnya dari insting adalah pola tingkah laku yang bersifat turun-temurun yang dibawa sejak lahir.

Terkait